Cara Membuat Password Yang Kuat Tidak Bisa Ditembus

Password atau kata sandi merupakan hal terpenting dalam keamanan akun seperti sosial media, email, perbankan, game dan banyak lainnya. Kata...

Password atau kata sandi merupakan hal terpenting dalam keamanan akun seperti sosial media, email, perbankan, game dan banyak lainnya. Kata sandi bisa dibilang sebagai nyawa atau kunci keamanan akun kita. Kuat dan lemahnya kata sandi sangat mempengaruhi keamanan akun karena dengan kuatnya kata sandi maka akun kita susah untuk ditembus begitupun sebaliknya, jika kata sandi yang kita buat lemah maka sangat rentan untuk bisa diretas atau ditembus.
Cara Membuat Password Yang Kuat Tidak Bisa Ditembus

Saat ini dengan banyaknya kasus pencurian akun, salah satunya adalah dengan metode menembus kata sandi entah dengan menggunakan tool khusus atau hanya menebak-nebak. Sangat penting untuk kita selalu memperhatikan kekuatan kata sandi kita ketika membuat suatu akun. Jika akun kita diambil alih oleh orang tidak bertanggung jawab maka bisa sangat merugikan kita.

Contoh nyata terjadi pada teman saya, dimana akun sosial medianya bisa diambil orang tanpa sepengetahuan dia. Awalnya kita berpikir bahwa akunnya diambil melalu metode phising ataupun keylogger. Tapi rasanya susah karena dia juga paham betul tentang hal seperti itu. Setelah diselidiki ternyata passwornya hanya gampang sekali (hanya sekumpulan huruf yang ada artinya) dan sangat mungkin diretas orang yang menggunakan semacan tool khusus dengan menggunakan wordlist (kumpulan kata-kata yang didalamnya ada password teman saya) atau yang dinamakan dengan brute force.

Terus, Bagaimana cara supaya kita bisa membuat password yang kuat ? Silahkan simak pembahasan dan tutorial berikut ini :

1. Jangan membuat password yang bersifat umum
Pada tips yang pertama ini, dianjurkan bahwa janganlah membuat kata sandi menggunakan kata-kata atau karakter yang sering digunakan orang lain, misalnya qwerty, 1234567890, dan lainnya. Maksud yang lain adalah jangan membuat kata sandi yang berisi kata yang memliki arti, seperti gueganteng, yonglek, makanbang, dan lainnya. Password seperti ini mudah sekali untuk dibobol, aplagi bagi yang menggunakan cara brute force.

2. Jangan membuat password yang berkaitan dengan diri kamu
Maksud dari tips yang kedua ini adalah jangan membuat kata sandi dengan kata atau karakter yang berkaitan dengan diri kamu seperti nama, tanggal lahir, nama pacar, nama mantan, dan lainnya. Password semacam ini berpotensi di bobol karena bisa saja ada teman kamu yang iseng masukan password yang berkaitan dengan kamu dan ternyata benar. Dengan teknik brute force pun masih sangat mungkin karena kata sandi yang dibuat pasti memiliki arti atau kata yang mudah ditebak.

3. Buatlah password yang rumit
Inilah cara yang ampuh untuk membuat kata sandi yang kuat, maksudnya rumit adalah gabungkanlah beberapa simbol, angka, dan huruf dan tidak bermakna secara langsung. Contohnya, 1+4=lima, S3l3r4caRA, atau yang lainnya. Usahakan juga password tersebut gampang diingat atau dicatat. Password semacam itu terbukti aman karena susah untuk dibobol dengan metode brute force dan semacammnya. Tapi anda juga harus berhati-hati dengan serangan keylogger dan phising.

4. Jangan membuat password yang sama di akun berbeda
Tips yang ini lebih ke keamanan akun tapi masih berkaitan dengan membuat password yang kuat. Hal ini juga penting untuk diperhatikan, karena jika kita membuat password yang sama pada beberapa akun dan password dari salah satu akun bocor maka hal tersebut membahayakan akun yang lain. Biasanya kasus bocornya kata sandi walaupun sangat kuat, adalah web atau server dari penyedia akun tersebut diretas. Sehingga hal tersebut membuat data dari para pengguna bocor. Hal seperti ini sering terjadi pada situs yang keamanannya lemah, dan yang diincar adalah akun perbankan.

Nah tadi merupakan beberapa tips untuk membuat password kita susah ditembus dan silahkan anda praktekkan sendiri. Jika kamu ingin mengetahui seberapa kuat password yang dibuat, kamu bisa mengunjungi situs yang dirancang untuk mengukur kekuatan password.
Dari sekian banyak situs serupa, saya contohkan saja menggunakan salah satu diantaranya.

1. Silahkan buka situs www.passwordmeter.com
2. Silahkan masukkan atau buat password anda di kota yang disediakan, dan akan langsung terakumulasi secara otomatis tanpa harus mengsubmit data tersebut.
3. Usahakan kita bisa mendapatkan score 100% seperti berikut

Cara Membuat Password Yang Kuat Tidak Bisa Ditembus

Tips dan tutorial diatas merupakan referensi bagi kamu yang masih bingung bagaimana caranya untuk membuat kata sandi yang rumit dan susah untuk diketahui orang. Amankanlah akun kamu apalagi akun perbankan online sebelum terlambat. Dengan ini, demikianlah postingan kali ini semoga bermanfaat.

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Name

Android,2,Emulator,1,Internet,1,Komputer,1,Linux,1,Smartphone,2,
ltr
item
Selera Cara: Cara Membuat Password Yang Kuat Tidak Bisa Ditembus
Cara Membuat Password Yang Kuat Tidak Bisa Ditembus
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhPl5L6ds2NldU035Yc2kbOBl_Pgx-hhRSZe-LpjhXJAwVeosGGvU3Z7UwUyBvI8aW_BPUPwywUqpiwf5Crw0RWwm5yDTHfRY18eyoU9IsWOCGVnRTUTquxz_GA264d0h1uMfZ9mlvCGLJH/s320/FotoJet-min.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhPl5L6ds2NldU035Yc2kbOBl_Pgx-hhRSZe-LpjhXJAwVeosGGvU3Z7UwUyBvI8aW_BPUPwywUqpiwf5Crw0RWwm5yDTHfRY18eyoU9IsWOCGVnRTUTquxz_GA264d0h1uMfZ9mlvCGLJH/s72-c/FotoJet-min.png
Selera Cara
https://seleracara.blogspot.com/2017/04/cara-membuat-password-yang-kuat-tidak.html
https://seleracara.blogspot.com/
https://seleracara.blogspot.com/
https://seleracara.blogspot.com/2017/04/cara-membuat-password-yang-kuat-tidak.html
true
4711670418575165026
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy